Kamis, 16 Februari 2017

Test Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Masuk Akpol

Untuk menjadi seorang Akpol, tentu banyak persiapan yang harus dilakukan jauh-jauh hari. Menjadi seorang abdi negara bukanlah tugas yang mudah, oleh karena itu hanya orang-orang yang bertekad bulatlah yang akan berhasil mencapai kesuksesan itu.



Hal-hal yang harus diperhatikan untuk menjadi akpol antara lain :
1. Kesehatan
Tes kesehatan adalah tes yang memiliki bobot 25% dari total nilai akhir menjadi polisi. Oleh karena itu, dianjurkan untuk sering periksa ke dokter, jangan tunggu seleksi akpol. Jika tidak diperiksa, kita tidak akan tahu kalau kita mempunyai penyakit atau tidak.

2. Psikotes
Tes psikotes adalah tes yang juga memiliki bobot 25% dari total nilai akhir menjadi akpol. Tes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan kenormalan psikologi.

3. Akademik
Tes yang satu ini adalah tes yang terberat yang ada di Akpol. Karena bobotnya adalah 35%  dari nilai akhir menjadi polisi.  Tes ini terdiri dari 3 tes yaitu : Bahasa Indonesia (100 soal) , Bahasa Inggris (10 soal), dan Ilmu Pengetahuan dan berita lokal provinsi, matematika, fisika, kimia, dan Undang-Undang Kepolisian (100 soal)

4. Jasmani
Tes yang satu ini lebih mudah tetapi perlu latihan terus menerus . Bobot tes ini adalah15% dari nilai akhir menjadi polisi.  Terdiri  atas : lari 12 menit, renang, push up dan sit up, pull up, shuttle run, dll.

Kita tidak akan bisa melakukan segala sesuatu tanpa pertolongan Tuhan, oleh karena itu usaha harus dibarengi dengan doa. Pelajari dan sugestikan prinsip "Do the best, God takes the rest"

0 komentar:

Posting Komentar